myudiman

Pelayanan Paripurna ala Best Western Resort Kuta dan Best Western Kuta Beach Bali

In Jalan-jalan on November 16, 2016 at 10:05 am

Saya selalu senang jika meninap di hotel yang sebelumnya pernah saya kunjungi. Sederhana saja alasannya. Minimal pelayanannya tidak akan berbeda. Demikian pula dengan hotel berjaringan (chain hotel). Umumnya, hotel jenis ini menawarkan pelayanan yang relatif sama kepada para tamu yang menginap dari hotel satu ke hotel yang lainnya.

Jpeg

Best Western Resort Kuta

Itu pula yang terjadi ketika akhirnya saya tahu bahwa kami, rombongan peserta reuni SWA Alumniah (Alumni Majalah SWA), yang pelesiran di Bali akan menginap di Hotel Best Western. Ini seperti pucuk dicinta ulam tiba. Saya setidaknya pernah merasakan kenyamanan Hotel Best Western di dua tempat. Pertama, Best Western Plus Kemayoran, dan Best Western Premier La Grande Bandung, sehingga cukup mengenal keramahan dan standar tinggi dalam pelayanan yang dihadirkan jaringan hotel ini.

Best Western Hotel adalah jaringan hotel asal Amerika Serikat dengan kantor pusat di Phoenix, Arizona Amerika Serikat, yang juga telah mengelola beberapa hotel di Indonesia. Berdasarkan informasi dari wikipedia, Best Western Inc. adalah operator hotel berskala internasional yang telah mengoperasikan 4.100 jaringan hotel di seluruh dunia, dengan 2.163 diantaranya berada di Amerika Serikat. Pada tahun 2002, jaringan hotel yang didirikan oleh yang didirikan pada  tahun 1946 oleh M.K Geurtin ini meluncurkan Best Western Premier untuk kawasan Eropa dan Asia.

Pada tahun 2011, seluruh jaringan hotel Best Western membagi  hotel yang mereka kelola  menjadi tiga tipe, Best Western Core, Best Western Plus, dan Best Western Premier. Peluncuran Best Wester Premier di negara-negara Asia menunjukan potensi pasar premium untuk para pelancong yang menginap di jaringan hotel Best Western, cukup besar. Dari 12 hotel yang dikelola Best Western, tipe premier berlokasi di Bandung dan Solo.

Kesempatan untuk kembali menikmati standar tinggi pelayanan jaringan hotel Best Western, akhirnya berlangsung pada Jumat – Minggu, 11 – 12 Nopember 2016.  Saat itu, kami bersepuluh orang berkesempatan menginap di Best Western Resort Kuta yang berlokasi di Jl. Kubu Anyar I no 118 Kuta Bali.

Meski berlokasi di kawasan yang padat, namun aura Bali begitu sangat terasa saat pertama kali menginjakan kaki di hotel ini. Sebuah  patung Syiwa dengan sesajen di bawahnya menyambut kami di pintu masuk yang langsung mengarah ke pendopo yang difungsikan sebagai resepsionis. Sebuah aula terbuka dengan pohon beringin besar yang rimbun dan menjuntai akarnya menjadi perantara antara ruang resepsionis dengan kamar-kamar hotel.

Jpeg

View dari kamar

Kamar yang saya tempati berada di lantai dua yang diakses melalui lift, dengan pandangan langsung ke kolam renang. Kamar Deluxe dengan dua tempat tidur, layanan TV kabel, kamar mandi yang dilengkapi shower air panas dan dingin, minibar dan tentu saja satu set meja. Karena tiba di Bali sore hari, saya hanya sempat beristirahat sebentar, untuk mandi dan sholat. Saya tidak bisa berlama-lama karena ditunggu makan malam bersama jajaran manajemen Best Western Hotel.

Saat makan malam bersama jajaran pengelola Hotel Best Western di restoran Hotel Best Western Resort Kuta, kami merasakan betul arti standar pelayanan tinggi yang diberikan oleh pengelola Best Western Resor Kuta. Minuman sari jeruk limau yang disiapkan sebagai minuman selamat datang, menjadi pengantar untuk sajian menu berikutnya. Salah satu sajian kuliner khas yang kami cicipi malam itu adalah Nasi Ubi. Nasi hangat dipadu ubi kukus yang dipotong kecil seukuran dadu. Sebagai pelengkap, sambel goreng tempe dengan teri, dan sate lilit menjadi menu pendamping.

20161111073035_img_2671

Suasana romantis di tepi kolam renang

Akan halnya menu utama makan malamnya, adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Sajian grill dan barbeque udang, ayam, sapi, cumi, dan jagung yang sebelumnya telah dilamuri bumbu khas Bali, kami cicipi satu persatu, diselingi dengan mencicipi sushi, puding dan buah-buahan.

20161111091902_img_2709

Yuni Wuryanti, Director Sales and Marketing Best Western Resort Kuta

Dalam kesempatan ngobrol-ngobrol dengan Director of Sales & Marketing Best Western Resort Kuta, Yuni Wuryanti, Best Western Resort Kuta merupakan Hotel Best Western pertama di Bali dan telah hadir sejak tahun 2009. Disusul Best Western Kuta Vila, Best Western Kuta Beach, dan Best terakhir Best Western Premier Agung Resort Ubud.

Saat ini, dijelaskan Yuni, Best Western Resort Kuta memiliki 111 kamar,  superiror, deluxe, super deluxe, dan satu suite, dengan tingkat okupansi di angka 40-50 % dengan permintaan yang cukup bagus. Yuni mengakui, karena populasi hotel yang semakin banyak di Bali, maka tingkat persaingan dengan memberikan harga yang murah sebagai salah satu senjata yang digunakan oleh hotel-hotel dalam menjaring wisatawan, menjadi cukup tinggi.

20161111072830_img_2662Namun, Yuni merasa beruntung karena hotelnya merupakan jaringan Best Western Internasional, maka kebanyakan tamu yang berkunjung  adalah yang sebelumnya telah mengenal pelayanan yang diberikan oleh Best Western. Wisatawan yang menginap di Best Western Resort Kuta terbanyak adalah wisatawan India, disusul Australia, China dan Jepang. Kemeriahan acara makan malam kemudian ditutup dengan tanya jawab bersama seluruh jajaran pengelola Best Western dan foto bersama.

Esoknya, Sabtu, 12 September 2016 pagi-pagi sekali kami langsung mengepak tas dan koper, yang nantinya akan langsung di kirim ke Hotel Best Western Kuta Beach di Jl, Benesari, kawasan pantai Kuta. Pada hari itu, kami mengunjungi Desa Wisata Penglipuran di Kawasan Kintamani, menengok proses pembuatan wine di Sababay Winery, makan siang di RM Tebasari, serta mengunjungi Kupi Pulina di kawasan Ubud.

Usai menikmati berbagai pesona wisata Bali ini, kami kemudian menuju Hotel Best Western Kuta Beach untuk beristirahat, sebelum berlanjut pada program berikutya, makan malam di Nyoman Café di kawasan Pantai Jimbaran. Di Best Western Kuta Beach, kami disambut Pak Yazid Sidik, Director Sales & Marketing Best Western Kuta Beach. Pak Yazid ternyata telah menyiapkan kejutan buat kami. Di Kamar hotel yang kami tempati, selain handuk yang digulung menyerupai binatang-binatang lucu, kain pantai, dan sebuah mug dengan foto dan nama kami masing. So sweet. Terimakasih untuk keramahan Anda, Pak Yazid.

20161112195805_img_2870

Yoga di rooftop Hotel Best Western Kuta Beach

Keesokan paginya, kami  pun ditunggu untuk bersama-sama mengikuti kelas privat yoga, di rooftop Hotel Best Western Kuta. Yoga selama sekitar satu jam, cukup membuat kami berkeringat, dan mampu melemaskan otot-otot yang tegang, setelah aktifitas kami yang padat sehari sebelumnya. Alhasil sarapan di rooftop hotel pun menjadi pelampiasan kami, setelah puas berolahraga.

Keramahan yang diberikan jajaran Best Western Kuta Beach tak berhenti sampai disini. Kami pun diantar untuk mengunjungi Dream Museum Zone (DMZ) di Jl. Nakula kawasan Legian Kuta, untuk memuaskan dahaga narsis kami berswafoto alias selfie. Setelah itu, kami pun makan siang bersama di Restoran Nook, di Umalas, sebuah tempat yang sedang menjadi pembicangan banyak orang, yang berkunjung ke Bali.

20161112202002_img_2877

Menu sarapan

Sepertinya, Best Western Resort Kuta dan Best Western Kuta Beach, akan selalu menjadi pilihan untuk menginap saat berlibur di pulau dewata ini. (*)