myudiman

Tentang Peta Wisata Kuliner Kota Tasikmalaya

In Wisata Kuliner on Januari 15, 2011 at 1:04 am

Sebagai salah satu kota dengan kekayaan dan keragaman kuliner yang luar biasa, kota Tasikmalaya menyimpan potensi sebagai salah satu kota destinasi wisata kuliner di kawasan Priangan Timur juga di Jawa Barat. Kekayaan kuliner kota Tasikmalaya ditandai dengan beragamnya jenis dan jajanan kuliner yang dapat dinikmati oleh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke kota pesantren ini.

Tak hanya makanan/jajanan yang menjadi kegemaran bersama seperti mie baso, bubur ayam, atau kupat tahu, kota Tasikmalaya memiliki salah satu penganan unik yang sejatinya telah menjadi ikon kuliner kota, yaitu Sangu (Nasi) Tutug Oncom (TO). Nasi Tutug oncom boleh diklaim sebagai inovasi kuliner asli orang Tasik, dan resepnya telah diturunkan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi penerusnya.  Makanan khas yang sederhana dalam penyajian namun memiliki kekayaan dalam rasa, kini menjadi kuliner pusaka kebanggaan masyarakat.

Sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan cita-cita menjadikan Tasik sebagai kota tujuan wisata kuliner, dengan inisiatif pribadi, saya hadirkan Peta Wisata Kuliner Kota Tasikmalaya. Peta ini pada awalnya merupakan halaman sisipan dalam buku “Tasik Funtastic Kuliner”,  yang saya susun dan merupakan panduan tempat makan dan jajan, serta berwisata kuliner di Tasikmalaya. Distribusi buku ini telah tersebar di beberapa kota seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya,  bahkan telah berpartisipasi di ajang Food and Hotel Asia Expo di Singapura pada April 2010, serta dikirimkan kepada warga Tasikmalaya yang bermukim di Sidney (Australia), Tokyo (Jepang), Freiberg (Jerman) dan New York (Amerika Serikat).

Didasari kebutuhan tersedianya peta saku yang praktis untuk memandu wisatawan saat berwisata kuliner di kota Tasikmalaya, maka sisipan peta di buku kemudian dilepaskan dan dicetak terpisah dalam ukuran kertas A3 (297 mm x 420 m) dan diberi cover berukuran 110 mm x 95 mm. Rekan saya, penggiat kreatif kota Tasik, Uyung Arya dan Adit Hiracahya kemudian memberikan sentuhan desain pada Peta Wisata Kuliner ini sehingga terlihat artistik dan mudah digunakan. Selain petunjuk dan lokasi wisata kuliner yang lebih jelas, di halaman belakang peta tersedia juga foto-foto aneka kuliner favorit di kota Tasikmalaya.

Penerbitan Peta Wisata Kuliner Kota Tasikmalaya ini didukung oleh Hotel Asri (Asia Plaza), Bis Cepat Budiman, Telkomsel, Teh Botol Sosro, dan Resto Jolly Joy. Keterlibatan para sponsor, merupakan bentuk dukungan pengembangan program wisata kota yang harus melibatkan banyak pihak seperti pengelola hotel, penyedia sarana transportasi, operator telekomunikasi, dan pemilik/pengelola kuliner di kota Tasikmalaya, juga oleh pemerintah kota selaku salah satu pemangku kepentingan (stakeholder).

Tentu saja peta wisata kuliner kota Tasikmalaya ini masih banyak kekurangannya. Salah satunya, fokusnya masih terbatas pada lokasi kuliner yang ada di pusat kota. Sedangkan beberapa lokasi kuliner yang tersebar di beberapa kawasan seperti Indihiang, Jl BKR, dan Kawasan kampus Universitas Siliwangi, belum tercakup disini. Ke depan, dalam penerbitan peta wisata kuliner kota Tasikmalaya berikutnya, mudah-mudahan informasi lokasi wisata kuliner di kawasan tersebut bisa tercakup. Dengan begitu, nantinya akan tersedia peta wisata kuliner yang lengkap mencakup seluruh kawasan di kota Tasikmalaya. Ini artinya perlu dukungan dari para penggiat dan pencinta kuliner untuk menginformasikan lokasi-lokasi kuliner pilihan di tempat-tempat tersebut. Atau barangkali, saya harus siap-siap mengosongkan perut dan menjelajahi lokasi-lokasi kuliner tersebut satu persatu :)

Peta Wisata Kuliner Kota Tasikmalaya, dicetak sebanyak 3.000 eksemplar dan didistribusikan melalui perusahaan penyelenggara Tour/Travel di Jakarta, Bandung, dan di beberapa lokasi hotel/restoran di kota Tasikmalaya. Untuk yang memerlukan, silakan klik foto peta untuk mendapatkan link ke file aslinya. Ke depan, seiring perkembangan teknologi, doakan saja agar aplikasi peta ini bisa diunduh (download) via ponsel, digabungkan dengan layanan GPS dan terhubung ke jejaring media sosial seperti foursquare dan koprol untuk memudahkan pencarian.

Selamat berwisata kuliner di kota Tasikmalaya.

About these ads
  1. sekarang warung nasi TO sudah menjamur sangat mudah untuk di jumpai si sekitar kota tasikmalaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: